Slide

 photo Ceria 2g_zpsngqsftno.jpg  photo Ceria 2n_zpsppqzwqpt.jpg  photo Ceria 2a_zpskcujs2e3.jpg  photo Ceria 2j_zpsdwp0xgdb.jpg  photo Ceria 2c_zpsirkjpmz2.jpg  photo Ceria 2n_zpsx2uwywuy.jpg  photo Ceria 2b_zpseuzrfyee.jpg  photo Ceria 2f_zpsh4d6akqq.jpg  photo Ceria 2h_zpsngowghyb.jpg  photo Ceria 2d_zps8kvuauua.jpg  photo Visi MI_zpsr23odfvo.jpg href="http://s1062.photobucket.com/user/mimlatukan/media/MIM%20Latukan%201/Ceria%202k_zpsre9t6gcq.jpg.html" target="_blank"> photo Ceria 2k_zpsre9t6gcq.jpg  photo Ceria 2l_zpsptrs7pdz.jpg  photo Madrasah Lebih baik MIM.jpg  photo Madrasah Hebat MIM_1.jpg  photo TK Hebat.jpg

Senin, 12 Maret 2012

PEMBELAJARAN PAKEM


Kami Penulis Blog MI Muhammadiyah Latukan ingin membantu mengimplementasikan programpendidikan bermutu yaitu” Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM),” secara nasional. PAKEM sudah terbukti berhasil di ribuan Madrasah di Indonesia tetapi sampai sekarang hanya dilaksanakan secara efektif di sebagian kecil Madrasah kita, karena jumlah SDM yang diperlui untuk melaksanakan pelatihan secara langsung di hampir 300.000 Sekolah / Madrasah tidak terjangkau. Beberapa tantangan lagi adalah guru-guru kurang mengerti keuntungan dari prosesnya karena banyak guru sendiri kelihatannya belum mengalami pembelajaran-aktif maupun kontekstual waktu mereka belajar, jadi niat guru untuk merubah kelihatannya adalah rendah, sama rendahnya dengan kemampuan mereka untuk melaksanakan pembelajaran aktif.
Menurut kami cara untuk membantu melaksanakan perkembangan mutu pendidikan adalah dengan memberdayakan guru-guru di lapangan dengan informasi yang tepat dan dapat dimanfaatkan secara langsung adalah :
Pertama : Program untuk meningkatkan mutu guru adalah berbasis keadaan di lapangan ( dapat mulai di semua  kondisi Madrasah di seluruh Daerah) 
Kedua     : menggunakan strategi-strategi yang mengarah ke Guru Yang Profesional, yaitu guru yang mau bertanggungjawab dan aktif untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme sendiri (guru yang dapat mandiri – meningkatkan profesionalisme secara swadaya). kalau guru kita tidak dapat mandiri, bagaimana kita dapat berharap pelajar kita dapat mandiri?
Di Indonesia kita mendorong konsep “Life-Long Learning”, apakah guru sendiri tidak dapat belajar secara mandiri? apakah ini masalah dengan mutu guru kita, atau masalah yang diulangkan terus karena mind-set dan paradigma pelatih guru kita?  Siapa yang paling beruntung dari kegiatan-kegiatan pelatihan guru? Kalau kita menuju guru kreatif dan profesional, pelatih-pelatih guru kita juga harus sangat profesional (menganalisa dan mencari solusi-solusi yang lebih baik dan profesional) Mengapa kita terus melanjutkan strtategi-strategi yang gagal dan tidak mungkin dapat dilaksanakan secara rutinitas untuk semua guru kita ?
Kami sudah menyaksikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan di luar sekoloah ( yang tidak    mengkaitkan semua stakeholders ) terus gagal karena kamauan guru didalam mencari perubahan yang positif seringkali tidak diutamakan dan hanya sebagai peserta dan pendengar saja, hal inilah yang menggagalakan rencana untuk perubahan.
Disinilah Blog kami sebagai sebagai salah satu sumber informasi untuk membantu meningkatan pengertian terhadap isu-isu perkembangan guru, juga dapat downloads beberapa regulasi sebagai salah satu strategi untuk menyampaikan bahan pembelajaran ke guru
Untuk Perkembangan Madrasah guru yang sudah cukup berpengalaman dengan Pembelajaran-Aktif. Oleh kare itu kita tidak menggunakan ICT dalam proses pembelajaran, karena proses meningkatkan mutu guru perlu pembelajaran yang aktif, yang hanya dapat dilaksanakan oleh guru terutama guru profesional.
Oleh sebab itu untuk melaksanakan program perkembangan mutu pendidikan bagi semua guru yang mau berpartisipasi.perlu sekali untuk dapat mengakses Internet dalam rangka mencari informasi yang sangat Rialistik, Terjangkau dan Menuju Profesionalisme (Perkembangan Mutu Tanpa Batas).Dengan strategi begini kita dapat memanfaatkan teknologi secara efisien dan efektif, dan tidak terkait dengan metodologi e-Learning atau Multi-Media-Based Learning saja

Sabtu, 10 Maret 2012

TANGGUNG JAWAB MORAL


Ada  sebagian remaja dan anak – anak usia sekolah di Latukan yang melakukan tindakan yag tidak sesuai dengan hasil sebuah pendidikan, Pencurian yang kerap dilakukan oleh para anak-anak usia sekolah , perkelahian para remaja dan tindakan- tindakan yang tidak mencerminkan akhlak mulia.
Kejadian diatas itu sebagian kecil yang ada di Latukan , dan itu mungkin juga terjadi di berbagai wilayah/desa-desa yang lain  di sekitar Latukan , dan tidak bisa kita pungkiri ..itu semua dilakukan karena beberapa faktor diantaranya
Faktor Orang Tua :  Banyak orang tua yang kurang menyadari atau kurang faham dengan efek dan hasil sebuah pendidikan  yang dipilihnya, hasil sebuah pendidikan bukan hanya karena fasilitas yang ada namun semangat dan keikhlasan guru dalam membina dan mengarahkan juga tak kalah penting dari
Faktor Sekolah / Madrasah  : Ditempat inilah anak dibina , diarahkan, ditunjukkan, di motivasi dll. Komitmen Sekolah dan Komponen Sekolah sangat mendukung untuk proses pembinaan anak, keikhlasan dan kerelaan guru menjadikan hal penting didalam membina anak. Banyak guru yang hanya mengutamakan imbalanya saja tanpa mengedepankan profesinya sebagai guru.
Faktor Masyarakat   : Anak secara langsung maupun tidak langsung menjadi bagian kelompok di masyarakat, dari sinilah pengaruh baik dan buruk di masyarakat, teman pergaulan dan lingkungan sekitar sangat beraneka ragam.Efek dan hasil sebuah pendidikan akan dibuktikan dilingkungan ini.
Menyikapi kejadian , peristiwa tersebut di atas MI Muhammadiyah Latukan tidak segan – segan melakukan Pembinaan  Anak, Pendekatan Orangtua dan Keluarga, serta penyiapan kader yang akan terjun di masyarakat, dengan akhlak mulia, sikap dan tingkah laku yang baik serta ikatan terhadap agama yang kuat. agar lulusan yang dihasilkan tidak menjadi sampah dimasyarakat ,dan selalu mandiri 

Kamis, 08 Maret 2012

TETAP SEMANGAT

Kecil dan outbondsedikit bukan menjadi kendala, kisah  Laskar Pelangi menjadikan inspirasi dan tekad guru kami, Kualitas adalah tujuan kami manfaat adalah dasar kami didalam mengelolah Lembaga Pendidikan. Untuk itu peran guru yang pertama dan utama adalah sebagai pendidik. Sebagaimana yang kami lakukan kami menciptakan suasana belajar di kelas yang tidak hanya dibatasi oleh dinding, dengan sebelumnya melaksanakan perencanaan. Guru MI Muhammadiyah Latukan meneruskan atau transmisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai lain yang sejenis yang belum diketahui anak dan seharusnya diketahui oleh anak.
Selain itu juga kami berusaha agar anak mampu untuk menemukan sendiri ilmu pengetahuan itu. Sebagai bekal anak beradaptasi di masyarakat dan  kelompok-kelompok kecil yang ada di lingkungan anak , dengan bekal kemampuan wawasan intelektual yang didasari  pemahaman agama yang kuat  serta mengedepankan akhlakul karimah . Disamping itu juga kami mempersiapkan masa depan anak  untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
Yang terpenting apa yang kami lakukan dan kami berikan kepada anak,  dapat dilihat dan dirasakan hasil dan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Latukan  khususnya

Senin, 05 Maret 2012

PENGENALAN IT PADA SISWA

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dinyatakan tercapai apabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes.
Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik agar diterima untuk:
(1) memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global;
(2) mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global; dan
(3) melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan/atau mengembangkan keterampilan untuk hidup mandiri.
Menghadapi kondisi tersebut MI Muhammadiyah Latukan berupaya keras dengan mempersiapkan diri secara mantap dengan membuat Perencanaan yang matang untuk menghadapi masa yang akan datang dan mengembangkan kurikulum madrasah dengan model KTSP yang memprioritaskan kebutuhan masyarakat setempat dan global

Jumat, 02 Maret 2012

MEMBUAT SILABUS TEMATIK

Bapak/ Ibu guru …… yang ingin memuat Silabus Tematik dak perlu pusing – pusing mencari kesana kemari malah Alamatnya Palsu juga kaya Ayu Ting- Ting . Untuk itu kami membantu mencarikan alamatnya….Silakan download atau link di RPP dan Silabus berkarakter

Kamis, 01 Maret 2012

TIPS KEAMANAN WORDPRESS


7  TIPS KEAMANAN BLOG DI WORDPRESS
1. Buat password yang kuat dan serumit mungkin
Gunakan minimal 8 karakter dengan menggabungkan antara huruf dan angka, simbol serta huruf besar dan kecil.
2. Install plugin Login LockDown
Setelah plugin ini diinstal maka secara default, jika terjadi 3 kali salah memasukkan password maka otomatis akan menonaktifkan layar login untuk IP yang digunakan dalam rentang waktu tertentu.
3. Ubah default username Admin
Jika kita menginstall wordpress melalui softacolus atau software installer lainnya yang disediakan di cPanel hosting maka biasanya secara otomatis untuk username yang dibuat adalah Admin. Dengan demikian hacker tinggal memikirkan kira-kira apa password yang Anda gunakan. Untuk merubah username Admin, Anda bisa menginstall plugin WP-Optimize.
4. Sembunyikan versi WordPress yang digunakan
Percaya atau tidak, jika versi wordpress dari blog yang digunakan terlihat, hacker hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk masuk mengacak-acak database blog. Apalagi jika versi word yang digunakan masih mengandung banyak bug. Menyembunyikan versi WordPress blog Anda sangat mudah. Cukup tambahkan kode dibawah ini ke dalam file functions.php dari tema yang digunakan.
‹?php remove_action(‘wp_head’, ‘wp_generator’); ?>
Jangan lupa, hapus juga file readme.html di root directory setelah update wordpress.
5. Enkripsi password login wordpress
Untuk masalah ini Anda memiliki dua pilihan, pertama membeli sertifikat SSL dari hosting Anda untuk melindungi halaman login WordPress. Pilihan lainnya dan ini gratis, adalah dengan menginstall plugin Chap Secure Login yang akan mengenkripsi password Anda.
6. Cek themes/tema/template blog yang digunakan
Banyak themes gratis yang tersedia di internet mengandung semacam kode berbahaya yang dapat berbahaya bagi blog Anda di masa depan. Kode-kode tersebut tersembunyi dalam naskah tema yang mungkin tidak Anda ketahui. Untuk memecahkan masalah ini Anda perlu menginstal plugin TAC (Theme Authenticity Checker). Setelah diinstall, plugin ini akan mencari kode berbahaya dalam tema blog Aanda dan jika ditemukan ini akan menampilkan garis yang tepat dengan sedikit potongan kode berbahaya.
7. Matikan akses directory di browser
Ini merupakan kesalahan terbesar dan paling umum yang dilakukan blogger pemula karena tidak melindungi direktori blog. Secara default, jika Anda mengetik nama direktori di browser anda akan melihat semua konten di dalamnya yang sangat berguna untuk hacker dan berbahaya bagi keamanan blog. Jadi agar directory tidak dapat di akses melalui browser, tambahkan kode dibawah ini di .htaccess pada direktori root.
Semoga bermanfaat..